Keren! Kini Google Maps Bisa Melacak Lubang Penyebab Kecelakaan di Jalan

Keren! Kini Google Maps Bisa Melacak Lubang Penyebab Kecelakaan di Jalan


Google Map bisa lacak lubang penyebab kecelakaan di jalan



Kini teknologi semakin canggih dan bermanfaat untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya Google Maps yang membantu kita mengarahkan ke tempat tujuan dengan sistem navigasinya. Namun, kini GPS bukan hanya untuk navigasi dan petunjuk jalan saja. Baru-baru ini, Google Maps telah mengajukan paten untuk cara melacak lubang pada jalan yang rusak.


Seperti dilansir dari The Verge, Google akan melacak lubang jalan di seluruh Amerika Serikat menggunakan sistem navigasi GPS mobil dan sensor lainnya.
GPS dan sensor ini bisa mendeteksi bagian jalan yang rusak dan menyimpan informasi tersebut ke dalam database. Navigasi GPS pada mobil tersebut, akan menunjukkan rute yang memiliki jalan lebih halus dan tidak bergelombang.

Google akan memantau getaran mobil ketika melewati jalan bergelombang. Dengan melakukan hal tersebut dibanyak mobil, Google bisa menentukan lubang yang bermunculan di berbagai jalan dan nantinya akan mengingatkan pengguna.
Semakin banyak data kerusakan jalan yang dikumpulkan, itu lebih baik, karena saat ini banyak negara yang masih kurang memadai dalam hal infrastruktur. Amerika sendiri telah kehilangan sekitar Rp 1 biliun (1000 triliun) setiap tahun akibat hilangnya waktu produktif dan terbuangnya bahan bakar dengan sia-sia akibat macet.
Sebenarnya, bukan Google yang pertama kali mencoba ide kreatif ini. Kota Boston telah menjalankan program selama beberapa tahun terakahir, yang disebut dengan Street Bump. Pada dasarnya fungsinya sama, namun Street Blump merupakan aplikasi mobile yang mengumpulkan data dari ponsel pengemudi.
Harusnya, ide Google ini juga ide yang bagus untuk diterapkan di berbagai negara. Inovasi tersebut bisa mencegah kecelakaan dan rusaknya kendaraan yang melintas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keren! Kini Google Maps Bisa Melacak Lubang Penyebab Kecelakaan di Jalan "

Post a Comment